Sabtu, 22 Oktober 2011

SAMBUTAN KEPALA DINAS KESEHATAN KABUPATEN MALANG DALAM RANGKA MUSKAB PPNI


Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang kami hormati,
1.      Bapak Bupati Malang
2.      Ketua DPRD Kabupaten Malang
3.      Para Pejabat Pimpinan Daerah Kabupaten Malang
4.      Ketua PPNI Propinsi Jawa Timur
5.      Para Kepala Puskesmas se Kabupaten Malang
6.      Para Undangan sekalian,
7.      Serta seluruh peserta Musyawarah PPNI Kabupaten Malang

Puji Syukur kehadirat Tuhan YME, bahwasanya pada hari ini kita semua diberikan kesempatan untuk menghadiri acara Musyawarah Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Malang (MUSKAB PPNI) dalam keadaan sehat walafiat.
Saya selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menyambut baik atas terselenggaranya Musyawarah Kabupaten Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Malang Tahun 2011. Dinas Kesehatan Kabupaten Malang  selaku penanggung jawab terhadap berbagai persoalan dan tatanan kesehatan, memandang perlu untuk merangkul  semua elemen yang berpotensi dalam membangun kesehatan di wilayah, salah satunya adalah oraganisasi PPNI ini.
Melihat besarnya jumlah populasi perawat, diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan nasional khususnya  di bidang kesehatan.  Sesuai dengan komitmen Milenium Development Goals (MDGs), yang terkait langsung dengan masalah kesehatan adalah perbaikan gizi, penurunan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, penanggulangan HIV/AIDS, penanggulangan TB dan Malaria serta penyakit menular lainnya, dalam hal ini perawat mempunyai andil besar untuk mewujudkannya.
Untuk mendukung peran perawat yang semakin jelas, sesuai Undang-Undang Kesehatan dan Peraturan yang berlaku, PPNI sebagai induk organisasi para perawat, berkewajiban untuk melakukan pemantauan dan pembinaan terhadap para anggotanya yang bekerja di berbagai tatanan kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta. Hal ini sangat membantu Dinas Kesehatan sebagai regulator dari sistem pelayanan kesehatan di Kabupaten Malang, dimana wewenang untuk mengeluarkan Surat Ijin Praktek Perawat adalah merupakan tanggung jawab kami. Disamping itu, Dinas Kesehatan juga mempekerjakan tenaga perawat di berbagai fasilitas layanan kesehatan, khususnya yang tersebar dalam 38 Puskesmas di wilayah Kabupaten Malang. Seperti telah diketahui bersama, dalam 2 tahun terakhir ini Dinas Kesehatan telah merekrut lebih dari 200 tenaga perawat untuk ditempatkan di Desa-desa, atau menjadi perawat Ponkesdes, dan pada tahun depan juga direncanakan merekrut sekitar 100 perawat agar semua desa di wilayah Kabupaten Malang memiliki tenaga perawat, selain Bidan Desa yang selama ini telah berjalan.
Penempatan tenaga kesehatan, baik Bidan maupun perawat di desa, merupakan perwujudan dari upaya Pemerintah Kabupaten Malang dalam menyelenggarakan pembangunan nasional, sesuai visi dan misinya, yaitu mandiri, agamis, demokratis, produktif, maju, aman, tertib, dan berdaya saing, sehingga tercapai kehidupan Masyarakat Kabupaten Malang yang sejahtera,  sehat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Oleh karena itu, saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Kabupaten ke-5, PPNI Kabupaten Malang Tahun 2011, semoga acara ini dapat terselenggara dengan baik demi kemajuan organisasi PPNI kedepan.
Wassalamualaikum Warrohmatullahi wabarokatuh.

Malang, 22 Oktober 2011
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang


Dra. Mursyidah, Apt, M.Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar